Kamis, 26 Juli 2018

Trik Menangani Serangan Hama Thrips Pada Cabai



Hama Thrips menyerang tanaman cabai anda? cobalah ditanggulangi dengan ANTILAT. Penyemprotan rutin 4 hari sekali, dengan dosis 30ml per 15 liter air



Pengendalian

Tanaman cabai yang sudah terlanjur terserang hama Thrips dapat dilakukan pengendalian baik secara mekanis, biologis maupun kimia.
  • Pengendalian secara biologis, yaitu menyemprotkan pestisida nabati ANTILAT. ANTILAT akan merusak semua jaringan tubuh hama dan racun perut bagi hama. Dan aroma bau ANTILAT yang tidak disukai hama. Dosis yang dipakai untuk penanggulangan hama thrips yaitu 30ml per 15. Aplikasikan 3-4 hari sekali.
  • Pemulihan tanaman yang telah sembuh dari serangan hama thrips yang dapat dilakukan dengan pemupukan dan penyemprotan POC BMW sebagai pemacu pertumbuhan
  • Untuk pengendalian secara mekanik dapat dilakukan dengan memotong daun yang terserang hama atau mencabut tanaman jika belum terjadi serangan yang banyak. Tetapi jika sudah terjadi serangan pada seluruh tanaman apalagi adanya serangan virus yang akut mau tidak mau harus dilakukan pencabutan dan pembakaran untuk mencegah serangan hama pada periode tanam mendatang.
  • Pengendalian secara teknis yaitu dengan memberikan jeda pada periode tanam berikutnya dengan tidak menanami lahan dengan tanaman yang sejenis.
Hama Thrips (Thrips sp) atau nama latinnya Thrips Tabaci merupakan hama tanaman dari golongan serangga. Ia masuk dalam keluarga kutu daun yang mana memiliki kebiasaan menghisap cairan tanaman melalui bagian daunnya yang masih muda.

Meski ukurannya sangat kecil, namun dampak yang bisa ia timbulkan sangatlah besar. Thrips menghisap cairan tanaman sehingga terjdi ketidak seimbangan sel dan hormon tanaman yang menyebabkan  pertumbuhan tanaman abnormal (daun keriting).

Pencegahan

Serangan hama thrips terjadi karena kurangnya antisipasi untuk menangkalnya. Maka dari itu pencegahan harus dilakukan secara rutin. Dibawah ini merupakan beberapa pencegahan agar terhindar dari serangan hama thrips :
  • Varietas bibit tanaman cabai berasal dari bibit unggul, sehat dan tahan akan hama penyakit.
  • Rajin membersihkan gulma yang tumbuh disekitaran tanaman.
  • Usahakan menyiram tanaman dengan menggunakan springkler, agar daun-daun tanaman ikut tercuci.
  • Jauhkan tanaman cabai dari tanaman-tanaman yang menjadi perkembangbiakkan inang bagi hama thrips.
Untuk melihat kesaksian pengguna ANTILAT, klik disini.
Untuk belanja ANTILAT, klik disini.
Konsultasi : 0896-6673-9495 (Whatsapp)

0 komentar:

Posting Komentar