Kamis, 26 Juli 2018

Cara Menangani Hama Walang Sangit Pada Tanaman Padi



Hama Walang Sangit menyerang tanaman padi anda? cobalah ditanggulangi dengan ANTILAT. Penyemprotan rutin seminggu sekali atau 10 hari sekali, dengan dosis 30ml per 15 liter air



Walaupun tergolong serangga kecil yang tidak berbahaya, namun jika sudah berjumlah ribuan dan bersifat merusak tanaman padi, walang sangit menjadi hama tanaman padi yang cukup serius. Bagaimana tidak? Walang sangit merusak bulir tanaman padi dengan cara menghisap cairan yang ada pada bagian tangkai bunga bulir padi. Hal ini menyebabkan pengisian bulir padi tidak sempurna dan membuat padi seringkali kosong atau kempes. Untuk mengatasi serangan hama walang sangit, dibawah ini beberapa pengendalian yang bisa sahabat lakukan :


1.    Pengendalian Walang sangit Secara Penyemprotan Insektisida ANTILAT

Pengendalian hama walang sangit yang efektif dan hasilnya sudah teruji dengan menyemprotkan insektisida hayati ANTILAT. Aplikasinya lebih gampang dari pengendalian secara manual. Terlebih lagi ANTILAT merupakan insektisida alami yang aman terhadap tanaman dan lingkungan. Sasarannya dapat merusak jaringan tubuh hama dan racun perut bagi hama, menghilangkan nafsu makan hama karena aroma, rasa dan bau yang dibenci hama. Untuk pengendalian cukup dengan aplikasikan 1 minggu sekali dengan dosis cukup 30ml ANTILAT per 14 liter air.
2.    Cara Pengendalian Walang sangit dengan Melakukan Sanitasi Lingkungan

Pengendalian dengan cara sanitasi lingkungan dengan membersihkan areal pertanaman padi terbukti mampu menekan serangan hama walang sangit dan mencegah kerugian. Pembersihan areal tanaman padi dari gulma dan rerumputan sebaiknya dilakukan sejak sebelum penanaman hingga masa panen. Tanaman inang hama walang sangit sangat banyak, yaitu semua jenis rerumputan. Oleh karenanya, pembersihan gulma dilakukan sesering mungkin supaya tidak ada tanaman inang yang dapat dimanfaatkan walang sangit untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

3.    Cara Pengendalian Walang sangit dengan Kultur Teknis

Masa tanam padi yang memiliki rentang jarak pendek atau tidak lebih dari 2,5 bulan juga terbukti bisa menekan populasi hama walang sangit. Dalam satu hamparan padi yang luas, sebaiknya padi ditanam secara serempak, sehingga perkembangan hama walang sangit juga bisa diminimalisir.

4.    Pengendalian Walang sangit dengan Perangkap

Hama walang sangit sangat tertarik pada bau busuk atau bau bangkai. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan walang sangit menggunakan perangkap kemudian memusnahkannya. Untuk membuat perangkap walang sangit bisa menggunakkan bangkai kepiting, cuyu, keong mas, rajungan, ikan, kotoran ayam atau daging busuk. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan meletakkan bangkai pada tonggak kayu ditepi sawah. Hama walang sangit akan tertarik untuk menghisap cairan bangkai tersebut, setelah terkumpul walang sangit bisa dimusnahkan. Supaya efektif, perangkap sebaiknya dipasang ketika tanaman padi memasuki fase berbunga sampai masak susu.

Untuk melihat kesaksian pengguna ANTILAT, klik disini.
Untuk belanja ANTILAT, klik disini.
Konsultasi : 0896-6673-9495 (Whatsapp)

0 komentar:

Posting Komentar